Monday, March 18, 2013

Wifi Connect ke Hotspot Tetapi Tidak Bisa Akses Internet? ini Solusinya!

Wifi Akses Internet
Wifi Konek ke Hotspot Tetapi Tidak Bisa Akses Internet? ini Solusinya! - Internet untuk jaman semodern ini sangat dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari, mulai dari cek email, download film, download game, mencari informasi, mendownload lagu dan lain sebagainya.
Disaat modem kita sudah kehabisan kuota, dan mau tidak mau akses internet kita menjadi sangat lambat sekali, karena dari beberapa provider yang dengan ketentuannya jika kuota sudah habis maka kecepatan akan diturunkan. cukup sedih bukan? disaat kita sedang membutuhkan akses internet.
Berbagai cara kita lakukan untuk mendapatkan akses internet, seperti mencari wifi gratisan yang tidak di protect. Namun saat kita sudah mendapat akses wifi tiba-tiba ada saja permasalahan yang muncul yaitu Wifi Konek ke Hotspot Tetapi Tidak Bisa Akses Internet?. Status di laptop kita bahwa wifi sudah konek tetapi kita tidak bisa browsing atau tidak bisa mengakses internet. 
Dalam tutorial kali ini IT Newbie akan memberikan cara mengetahui letak kesalahan, yang bisa kita lakukan, yaitu sebagai berikut :

1. Sobat bisa memastikan apakah ada tanda seru warna kuning pada taskbar di systray
Dengan adanya tanda seru warna kuning pada ikon di taskbar systray berarti memang kita benar-benar tidak memiliki akses internet. (lihat gambar)
2. Sobat bisa memastikan pada IP address di Laptop
Sobat bisa mengecek pada bagian IP address di Network Connection. Sobat bisa masuk ke control panel kemudian pilih network and sharing connection. Setelah itu sobat bisa klik Change adapter setting kemudian klik kanan wireless connection dan pilih properties, kemudian klik dua kali pada Internet Protocol Version (TCP/IPv4). Kemudian Sobat bisa melihat sebuah window yang menampilkan IP address, sobat bisa memastikan yang terceklis yaitu obtain an IP address automatically dan obtain DNS Server address automatically. (lihat gambar)
Tidak bisa akses internet
 Kenapa harus menceklis dua pilihan diatas? karena wifi merupakan menggunakan IP address DHCP dan IP address sudah dibentuk dari wifi hotspot tersebut yang secara otomatis akan memberikan IP, secara random kepada siapapun yang terhubung dengannya.

3. Sobat bisa mengecek WIFI card pada Laptop
Jika pada dua langkah diatas sudah sobat lakukan yaitu cara terakhir yaitu mengecek di WIFI card. Biasanya yang sering terjadi ada pada driver wifi, solusinya sobat bisa masuk ke menu device manager. Klik kanan pada mycomputer kemudian pilih properties dan pilih device manager. Kemudian perhatikan pada bagian network adapters. kemudian sobat bisa klik kanan dan uninstall. atau sobat bisa langsung menuju ke klik kanan properties pada bagian network adapters kemudian update driver wifi card nya. (lihat gambar)
Device Manager - Tidak bisa akses internet
Dengan mengikuti 3 langkah diatas setidaknya sobat dapat menganalisa kenapa wifi tidak bisa akses internet.
Semoga tutorial Wifi connect ke Hotspot Tetapi Tidak Bisa Akses Internet? ini Solusinya! dapat menambah wawasan sobat semua.

0 komentar:

Post a Comment