Monday, March 18, 2013

Tips Memperbaiki Winsock pada Jaringan LAN

         Pernahkah diantara anda yang mengalami kejadian tentang windows XP atau Windows 7?? dimana sebuah jaringan LAN anda tidak berfungsi begitupula dengan wireless pada komputer anda? apa yang terjadi? mengapa bisa terjadi? Pengalaman ini pernah IT Newbie alami dimana sebuah windows menampilkan sebuah pesan services windows.. bla..bla..bla..(lupa pesannya.. hehee) dimana semua services dari networking tidak berfungsi sama sekali.

      Sebelumnya IT Newbie akan membahas tenang pengertian dari Winsock. Windows Socket API, atau Winsock, mendefinisikan bagaimana sebuah layanan Windows dan perangkat lunak yang dapat mengakses sebuah layanan jaringan seperti TCP / IP dan Internet. Jika Winsock tidak bekerja dengan benar, maka Anda tidak akan dapat mengakses layanan jaringan yang berbeda, termasuk Internet. 

          Jika Windows XP Winsock Anda rusak atau tidak bekerja dengan benar, cara yang terbaik untuk memperbaiki jaringan Anda adalah dengan mengatur ulang atau menginstal ulang perangkat lunak Winsock. Sebuah memperbaiki Winsock untuk Windows 7 sangat diperlukan untuk mengatur ulang dan memperbaiki winsock katalog pada Windows 7.

        Pada tutorial sebelumnya IT Newbie pernah membahas Tips Mengatasi Permasalahan pada Jaringan LAN.
Langsung saja kita bahas langkah langkahnya :
1. buka Start - RUN - ketik cmd
2. kemudian ketik pada command prompt : netsh reset winsock
3. Setelah itu anda bisa restart PC anda.

Setelah memakai cara tersebut PC saya dapat kembali dan dapat membaca network sesuai dengan harapan. dan dapat kembali online dengan lancar.
kenapa ini bisa terjadi?
Pengalaman IT Newbie jika anda sudah mempunyai satu driver modem untuk akses internet, gunakan 1 modem saja dan ternyata bila anda menginstall dengan modem yang berbeda, otomatis dengan driver yang berbeda maka driver tersebut terjadi corrupt dan windows tidak bisa mengenali driver dengan semestinya. 

Bagaimana cukup mudah bukan??
Bila anda masih belum solved juga untuk permasalahan ini anda bisa komentar di form dibawah ini.
karena saya akan update pemecahan dari masalah ini dengan trik lainnya. tunggu saja.

0 komentar:

Post a Comment