Monday, March 18, 2013

Tips Cara Membatasi Bandwidth Internet Tanpa Software

Bandwidth Internet
Tips Membatasi Bandwidth Internet Tanpa Software - Salam IT Newbie, bagaimana kabar sobat ditahun baru 2013 ini..? Semoga saja menjadi orang yang berguna dan lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya. Di awal tahun 2013 ini IT Newbie akan memberikan sedikit info untuk para sobat semua.
Pernahkah diantara sobat yang mengetahui cara Membatasi Kuota bandwidth internet, terutama bagi sobat yang sering share koneksi internet dengan cara peer to peer. Sebenarnya cara ini cara lama, tetapi masih banyak diantara kita yang belum tahu caranya maka dari itu IT Newbie mengangkat kembali tutorial ini yang mungkin berguna bagi sobat IT Newbie semua. Langsung saja akan kita bahas seperti berikut ini:
Sharing koneksi internet atau biasa disebut dengan Internet Connection Sharing adalah merupakan suatu hal yang lazim dilakukan seperti sekarang ini. Namun membagi koneksi internet ke beberapa komputer jelas sekali akan menurunkan bandwidth yang akan kita terima dari (ISP) atau Internet Service Provider, karena jika dari beberapa user yang secara bersamaan mengakses internet, apalagi jika ada dari teman kita yang mendownload file yang cukup besar maka secara otomatis komputer yang kita pakai akan menjadi lemot koneksinya dan bandwidth internet akan terbagi dan kawan kita akan mendapatkan banyak bandwidth, yang berakibat koneksi internet kita akan terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut sobat dapat menggunakan sebuah software bandwidth management yang mungkin mahal harganya, Namun ada sebuah cara yaitu cara membatasi bandwidth koneksi internet tanpa software.
Pada tutorial sebelumnya IT Newbie pernah membahas tentang Trik Menghemat Bandwidth Internet dan Mempercepat Koneksi Internet
Langsung saja akan kita bahas langkah-langkahnya seperti berikut ini :
1. Klik Start - RUN - ketik gpedit.msc - Tekan Enter
2. Pada jendela sebelah kiri pilih Computer Configuration - Administrative Template - Network - Qos Packet Scheduler
3. Disisi sebelah kanan, klik 2 kali Limit Reservable Bandwidth
4. Pada jendela Limit Reservable Bandwidth klik opsi Enabled dan set bandwidth menjadi 50% atau jika sobat menset bandwidth nya menjadi besar (contoh 70%), maka semakin kecil bandwidth yang akan didapat pada komputer tersebut.
5. Klik Apply dan OK
6. Restart komputer
Dengan menggunakan cara seperti diatas bandwidth komputer yang sobat sudah set akan mendapat bandwidth yang kecil. Dan teman anda tidak akan bisa semena-mena memakai bandwidth yang besar karena sudah di set dengan bandwdth yang kecil. Koneksi sobat tidak akan terganggu, walaupun sudah di share ke komputer lainnya.

0 komentar:

Post a Comment