Welcome To My Site

Terima kasih anda masih setia mengunjungi blog kami ,

Just Sharing Bro N Sis

Menerima Penginstalan PC / Laptop Untuk Daerah Makassar ,, Harga Murah Dan Terjangkau Khususnya Bagi Pelajar Dan Mahasiswa Daerah Makassar Dan Sekitarnya Alamat : Jl.AbubakarLambogo No 178 Pettarani Makassar Jl.Aspol Toddopuli Blok C20 Contact person : +628524138771 (Fh14n)

Tips Dan Trik Komputer

Komputer Sangat Banyak Yang bisa Kita pelajari dan banyak hal didalam komputer yang belum ketahui, Ayo ketahui Sekarang !.

Belajar Internet

Internet Begitu luas, ayo pelajari sekarang jangan sampai kita GaptekK ,, hahaha

Ngasal Aja Bro tapi Pas Kena Di Hati ,, hahaha

Jika cinta itu Sistem Operasi, maka, tak akan kubiarkan cinta ini terkena virus yang bisa mengganggu stabilitas dan eksistensinya sebagai sistem operasi yang tangguh. kalau perlu akan kugunakan sistem operasi yang kebal virus.

Tuesday, December 30, 2014

Algoritma & Pemrograman 1 ( TUGAS LENGKAP )


Assalamualaikum Wr.Wb ,,,,,,,
Kali ini saya akan menjelaskan tentang Apa itu Algoritma dan Pemrograman .....
          Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah.  Sedangkan Algoritma Pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer. 

Langsung aja tanpa basa-basih , :) ,,,,heeheh
nih contoh sript

uses crt;
var
   awal,akhir,rpbunga   : real;
   bunga, lama, i       : integer;
   mau                  : char;
begin
     repeat
       clrscr;
       writeln('*******************************');
       writeln('**    Nama  : ALFIAN    **');
       writeln('**    Kelas : TI.12          **');
       writeln('**    NIM   : 20142205090    **');
       writeln('*******************************');
       writeln;
       writeln;
       write('Pinjaman Awal = Rp. ');readln(awal);
       write('Bunga [%] = ');readln(bunga);
       write('Lamanya Pinjaman [Periode] = ');readln(lama);
       writeln('------------------------------------------------');
       writeln(' Periode Bunga [%] Pinjaman Pinjaman Bunga [Rp] ');
       writeln('                    Awal      Akhir');
       writeln('------------------------------------------------');
       for i:=1  to lama do
       begin
            akhir:=awal + ((bunga/100) * awal);
            rpbunga:=0.1 * awal;
            writeln(i:5, bunga:9, awal:11:0, akhir:11:0, rpbunga:10:0);
            awal:=akhir;
       end;
       writeln('Mau Menghitung Lagi ? [Y/N] : ');readln(mau);
       until mau='0';
readln;
end.


Untuk lebih jelasnya DOwnload Script & contohnya .













Saturday, December 27, 2014

Algoritma & Pemrograman 1 (Operator dan Jenis Data Dalam Pascal)

OPERATOR DALAM PASCAL

Dalam menulis program kita tidak mungkin terlepas dari penggunaan operator. Operator sendiri didefinisikan sebagai sesuatu yang digunakan untuk melakukan operasi-operasi tertentu, misalnya operasi aritmatika, penggabungan string dan banyak lagi yang lainnya.
Nilai yang dioperasikan oleh operator bersama operand membentuk suatu ekspresi.
Contoh :
1 + 2 – 3, yang disebut ekspresi. Tanda + dan – merupakan tanda operator sedangkan nilai 1,2 dan 3 disebut operand.

Operator Assignment
Operator assignment digunakan untuk melakukan pemberian nilai terhadap suatu variabel sehingga operator ini juga sering dikenal dengan operator penugasan. Dalam bahasa Pascal operator yang digunakan untuk melakukan hal ini adalah operator :=. Berikut ini bentuk umum untuk melakukan pemberian nilai terhadap suatu variabel.

NamaVariabel := nilai_yang_akan_dimasukkan;

Contoh:
Var
    x: integer;
    y: real;
    str: string;

Begin
      x := 123;
      y := 56.04;
      str := ‘Mencoba memasukkan nilai ke dalam variabel’;
      ....
End.


Operator Aritmatika
Bahasa Pascal menyediakan beberapa operator yang dapat digunakan dalam operasi aritmatika, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan penentuan sisa bagi.

Operator
Jenis Operasi
Tipe Operand
Tipe Hasil
Contoh
+
Penjumlahan
Integer, real
Integer, real
a + b
-
Pengurangan
Integer, real
Integer, real
x – 1
*
Perkalian
Integer, real
Integer, real
a * b
/
Pembagian untuk bilangan riil
Integer, real
real
5 / 3
div
Pembagian untuk bilangan bulat
Integer
Integer
10 div 4
mod
Sisa bagi
integer
integer
10 mod 3


Operator Logika
Operator logika digunakan untuk melakukan operasi-operasi yang menghasilkan nilai logik (true dan false). Bahasa pascal menyediakan 4 buah operator logika, yaitu:

Operator
Jenis Operasi
Tipe Operand
Tipe Hasil
not
Negasi
boolean
boolean
and
Conjunction
boolean
boolean
or
Disjunction
boolean
boolean
xor
Exlusive disjunction
boolean
boolean


OPERATOR NOT
Operator ini digunakan untuk menentukan negasi atau pengingkaran dari nilai logik lain. Jika nilai yang dihasilkan adalah true maka negasi-nya adalah false. Begitu juga sebaliknya. Berikut ini table yang menunjukkan hubungan operator not.

A
not A
true
False
false
true

Contoh program dengan operator not
Program operator_not;
Uses wincrt;
Var
  A:boolean;
Begin
  Clrscr;
  A:=false;
  A:=not A;
  Writeln(A);
  Readln;
End.




OPERATOR and
Untuk memudahkan penggunaan operator and, ingatlah bahwa operand and hanya akan bernilai true jika semua operandnya bernilai true. Selain itu operasi akan menghasilkan nilai false.
A
B
A and B
True
True
True
True
False
False
False
True
False
false
false
false



Contoh program menggunakan operator and:
Program Operator_And;
   Uses wincrt;
   Begin
   Clrscr;
   Writeln(‘TRUE and TRUE     =’, true and true);
   Writeln(‘TRUE and FALSE =’, true and false);
   Writeln(‘FALSE and TRUE =’, false and true);
   Writeln(‘FALSE and FALSE =’,false and false);
   Readln;
End.



OPERATOR or

Operator or akan menghasilkan nilai true apabila satu atau semua operand-nya bernilai true. Untuk memudahkan ingatlah bahwa operator or akan menghasilkan nilai false apabila semua operandnya bernilai false. Selain itu, operator ini akan menghasilkan nilai true.
A
B
A or B
true
true
true
true
false
true
false
true
true
false
false
false









Contoh program menggunakan operator or :
Program operatorOr;
  Uses wincrt;
  Begin
  Clrscr;
  Writeln(‘TRUE or TRUE =’,true or true);
  Writeln(‘TRUE or FALSE     =’,true or false);
  Writeln(‘FALSE or TRUE     =’,false or true);
  Writeln(‘FALSE or FALSE    =’,false or false);
  Readln;
End.



OPERATOR  xor
Operator exclusive or (xor) ini akan menghasilkan nilai true apabila hanya terdapat satu operand yang bernilai true. Apabila kedua operandnya bernilai true maka operasi ini akan menghasilkan nilai false, begitu juga apabila keduanya bernilai false.
A
B
A xor B
true
true
false
true
false
true
false
true
true
false
false
false

Contoh program menggunakan operator xor:
Program operator_or;
Uses wincrt;
Begin
Clrscr;
Writeln(‘TRUE xor TRUE =’,true xor true);
Writeln(‘TRUE xor FALSE =’,true xor false);
Writeln(‘FALSE xor TRUE =’,false xor true);
Writeln(‘FALSE xor FALSE =’,false xor false);
Readln;
End.


Operator Relasional
Operator relasional adalah operator yang digunakan untuk menentukan relasi atau hubungan dari dua buah nilai atau operand. Operator ini terdapat dalam sebuah ekspresi yang selanjutnya akan menentukan benar atau tidaknya ekspresi tersebut. Operator relasional biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan kondisi dalam blok pemilihan. Adapun yang termasuk kedalam operasional didalam bahasa Pascal adalah sebagai berikut:

Operator
Jenis Operasi
Tipe Operand
Tipe Hasil
Contoh
=
Sama dengan
Tipe dasar, string, Pchar, set
boolean
A = 3
<> 
Tidak sama dengan
Tipe dasar, string, Pchar, set
boolean
A <> 3
Lebih kecil
Tipe dasar, string, Pchar
boolean
A < 1
Lebih besar
Tipe dasar, string, Pchar
boolean
A > 5
<=
Lebih kecil atau sama dengan
Tipe dasar, string, Pchar, set
boolean
A <= B
>=
Lebih besar atau sama dengan
Tipe dasar, string, Pchar, set
boolean
A >= B


Algoritma & Pemrograman 1 (Pengenalan Algoritma dan Pemrograman)

PENGENALAN ALGORITMA
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelasakan singkat saja, yaitu apa yang dimaksud dengan algoritma.
Apa Itu Algoritma?
- Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
- Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma.
- Urutan logis/langkah-langkah dalam algoritma harus dapat ditentunkan dengan nilai Benar(TRUE) atau Salah(FALSE).
- Bahkan ada yang bilang bahwa Algoritma adalah jantungnya Ilmu Komputer/Informatika.

Algoritma Dalam Kehidupan.
Tanpa disadari kita sering menerapkan algoritma dalam kehidupan sehari-hari, seperti :
  • Memasak resep makanan
  • Mencuci Baju
  • Mandi
Contoh Algoritma :
Misalkan ada 2 Ember yang berisi air(larutan) yang berwarna, (anggap saja Ember A dan Ember B). Ember A berisi air yang berwarna Merah, sedangkan Ember B berisi air yang berwarna Biru. Volume kedua ember tersebut sama.
Pertanyaannya? : Bagaimanakah cara pertukaran isi kedua ember itu sehingga nanti akan menjadi Ember A berisi air warna Biru, dan Ember B berisi air warna Merah?

Algoritmanya :
Kondisi Awal : Ember A (Berisi air warna Merah) dan Ember B (Berisi air warna Biru).
Kondisi Ahir : Ember A (Berisi air warna Biru) dan Ember B (Berisi air warna Merah).

Penyelesainyan :
  1. Tambahkan satu Ember kosong, (Anggap saja Ember C).
  2. Tuang ember A ke ember C
  3. Tuang ember B ke ember A
  4. Tuang ember C ke ember B
  5. Selesai.
BAHASA PEMROGRAMAN.
  • Untuk melaksanakan suatu algoritma, diperlukan suatu bahasa pemrograman, contoh : Pascal, C++, Visual Basic, dll.
  • Notasi algoritma dapat diterjemahkan kedalam bahasa pemrograman apapaun, dengan kata lain notasi algoritma bersifat independen.
  • Notasi Algoritmik :
    - Deskripsi
    - Flow Chart
    - Kode Pesudo

Algoritma & Pemrograman 1 (Tipe Data & Variabel Pada Program Pascal)

a. Bilangan bulat ( integer )
Tipe data ini menerima angka dan bisa dilakukan proses aritmatika. Tipe data ini adalah tipe data bilangan bulat, yaitu Bilangan atau angka yang tidak memiliki titik desimal atau pecahan.

2. Bilangan biasa ( real )
Bilangan atau angka yang bisa memiliki titik desimal atau pecahan, Tipe data ini menerima angka dan koma serta bisa dilakukan proses aritmatika.

3. Boolean

Boolean adalah tipe data yang hanya mempunyai dua kemungkinan, yaitu true dan false. Biasanya digunakan untuk operasi logika dengan ungkapan AND, OR, atau NOT

4. Karakter ( char )
Karakter adalah data tunggal yang mewakili semua huruf, simbol baca, dan juga simbol angka yang tidak dapat dioprasikan secara matematis, misalnya: ’A’, ’B’, .....,’Z’, ’?’,’!’, dst. Tipe data ini adalah tipe data yang menerima kumpulan karakter (huruf, angka, symbol) tipe data ini tidak bisa dilakukan proses aritmatika.

2. String
String adalah tipe data bentukan yang merupakan deretan karakter yang membentuk satu kata atau satu kalimat, yang biasanya diapit oleh dua tanda kutip. Tipe data yang menerima kumpulan karakter (huruf, angka, symbol) tipe data ini tidak bisa dilakukan proses aritmatika


Tipe Data di Definisikan ( User Defined Data Type )
1. Subrange.
Tipe data ini merupakan pemberian batas nilai yang mungkin untuk suatu variabel dari tipe data yang telah di definisikan.
Sebagai contoh, jangkauan yang mungkin dari nilai ujian adalah dari 0 sampai 100.
Type nilai = 0..100;

2. Enumerated
Disebut tipe enumerated (terbilang) karena semua nilai disebut satu persatu,
contoh:
TYPE hari = {MINGGU, SENIN, SELASA, RABU, KAMIS, JUMAT, SABTU, MINGGU};

2. TIPE DATA TERSTRUKTUR
1. Array
Array atau lark adalah tipe terstruktur yang mempunyai komonen dalam jumlah yang tetap dan setiap komponen mempunyai tipe data yang sama. Posisi masing-masing komponen dalam array dinyatakan sebagi nomor index.
Contoh:
Type
     Tipe_saya=array[1..100] of integer
Var
     Var_baru   : tipe_saya;
2. Record
Definisi Record hampir sama dengan Array, tetapi yang membedakan antara keduanya adalah kalau Array semua komponennya bertipe data yang sama sedangkan Record setiap komponennya bisa bertipe data yang beda-beda.
Contoh:
TYPE my_rec = RECORD
   Nama : STRING[90]; Npm  : STRING[ 8] ;
     Nilai : REAL;
END;
VAR
   Data nya    : my re c;
3. Set
Himpunan (set) adalah kumpulan obyek yang mempunyai tipe data yang sama dan urutan penulisannya tidak diperhatikan. Setiap obyek dalam suatu himpunan disebut dengan anggota atau elemen himpunan.
Contoh:
TYPE irama = (JAZZ, POP, ROCK ,DANGDUT, SKA);
      Musik = SET OF irama;
VAR
     Jenis musik : Musik;
4. File
File (Berkas) adalah kumpulan sejumlah komponen yang bertipe data sama, yang jumlahnya tidak tertentu, dan biasanya tersimpan dalam suatu media penyimpan luar

3. TIPE DATA PENUNJUK
Pointer
Tipe data pointer merupakan tipe data yang berbeda dengan yang lainnya. Semua tipe data yang lainnya bersifat STATIS sedangkan tipe Pointer bersifat DINAMIS. Tipe ini merupakan tipe data untuk suatu variabel, dimana isi variabel ini berupa alamat variabel lain, dalam artian variabel pointer adalah variabel yang menunjuk nilai atau alamat variabel lainnya.

VARIABEL PADA PROGRAM PASCAL
Variabel adalah nama yang mewakili suatu elemen data. Ada aturan tertentu yang wajib diikuti dalam pemberian nama variable, antara lain :
  • Harus dimulai dengan abjad, tidak boleh dengan angka atau symbol.
  • Tidak boleh ada spasi diantaranya
  • Jangan menggunakan simbol yang bisa membingungkan seperti titik dua, titik koma, koma, dan sebagainya.
  • Sebaiknya memiliki arti yang sesuai denagn elemen data.
  • Sebaiknya tidak terlalu panjang.
Contoh variabel yang benar : Nama, Alamat, Kode_Jurusan;
Contoh variabel yang salah : 7XVK,Nilai x, Var;=xy,77;

Riset atau Penemuan Terbaru di Bidang HCI


Masa depan manusia dan mesin
Pada tahun 2020 istilah ‘antarmuka’ (interface) dan ‘pengguna’ (user) akan hilang di saat komputer akan bergabung lebih erat dengan manusia. Ini adalah salah satu perkiraan yang disebut dalam laporan yang disusun dengan bantuan Microsoft berdasarkan pembahasan 45 akademisi dari berbagai bidang ilmu komputer, sosial, sosiologi dan psikologi.
Laporan tersebut memperkirakan perubahan mendasar dalam bidang yang disebut Interaksi Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction atau HCI).
Maka ditahun 2020 kegiatan manusia akan semakin menyatu dengan mesin, kata laporan itu. Komputer akan dapat mengantisipasi apa yang diinginkan manusia, yang akan membutuhkan panduan baru untuk mengatur hubungan manusia dengan mesin.
Salah satu rekomendasi bagi arah Interaksi Manusia dan Komputer (Human-Computer Interaction) di masa depan, laporan itu mengusulkan dibutuhkan keterlibatan lebih besar dengan pemerintah dan para pembuat kebijakan.
Sejak adanya temuan-temuan yang dilakukan oleh para peneliti HCI tentang fungsionalitas sistem, yakni “apa yang diketahui oleh pemakai tentang sistem perangkat lunak komputer” dan usability sistem, yakni “apa yang harus dilakukan oleh pemakaiterhadap sistem ” mendorong perkembangan riset dalam HCI tersebut.
Riset yang dilakukan pada akhir-akhir ini mulai berfokus kepada jenis-jenispengetahuan pemakai ketika ia menggunakan sistem komputer. Konsep model mental terhadap sistem adalah topik utamanya. Studi representasi pengetahuan yang berbasis komputer ini menghasilkan keuntungan-keuntungan antara lain studi ini bisa menggali basis perilaku teoritis, seperti perilaku khusus pemakai terhadap tugasnya. Studi jenis ini juga berkaitan dengan representasi mental.
Dengan demikian terlihat jelas bahwa fokus perhatian HCI tidak hanya pada keindahan tampilannya saja atau hanya tertuju pada tampilan antarmukanya saja, tetapi juga memperhatikan aspek-aspek pamakai, implementasi sistem rancangannya dan fenomena lingkungannya, dan lainnya. Misalnya, rancangan sistem itu harus memperhatikan kenyamanan pemakai, kemudahan dalam pemakaian, mudah untuk dipelajari dlsb.
Tujuan dari HCI adalah untuk menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga.
Sedangkan utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya. Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sstem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok.
Perpustakaan digital
Terkoneksi secara total bisa menjadi tidak berarti jika semua yang didapatkan oleh Wikimuers di internet adalah foto-foto panas artis Ayu Azhari. Tetapi digitalisasi semua pekerjaan manusia yang terakumulasi sudah diproses dengan cepat sekarang ini. Semua jalur MIT sekarang sudah online dan jika anda belum pernah melakukannya, lakukan cek di Google Book Search.
Akan tiba suatu masa bagi kita ketika setiap pertanyaan yang faktual akan dapat langsung dijawab dengan segera, secara online. Tetapi sayangnya, pertanyaan-pertanyaan anda di internet biasanya selalu yang gampang-gampang saja, jadi tidak sebanding dengan kecanggihannya.

Alat cetak desktop 3 dimensi

Daripada Anda harus ke toko untuk membeli perkakas yang dibutuhkan, lebih baik Anda men-download sebuah rancangan perkakas pilihan kita lalu mewujudkannya di dalam sebuah alat cetak desktop 3 dimensi. Langkah selanjutnya adalah anda mendisain sendiri perkakas-perkakas, mempost
ing desain-desain tersebut, menjualnya dan seterusnya. Usaha rumah tangga dalam bidang pembuatan mainan anak-anak, peralatan dapur, dan barang kerajinan penghias rumah, yang sering dianggap remeh, sekarang akan menjadi raja!

Pengembangan secara luas internet nirkabel
 









Internet Nirkabel WiMAX
 










Internet Nirkabel 3G
WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access=Jaringan mendunia dengan kemampuan bertukar informasi secara cepat dan baik dengan akses gelombang mikro ),3G (3 rd Generation), 4G (4 th Generation) dll., adalah teknologi yang mengacu pada suatu sistem internet nirkabel yang menyebar, semua menjadi terhubung secara online ke mana-mana, sepanjang waktu, dan berkesinambungan. Hal tersebut menyiratkan kemungkinan adanya hubungan atau koneksi secara penuh antara dua alat secara acak. Anda ingin memeriksa atau mematikan alarm di pintu rumah dari telepon genggam? Itu akan menjadi gampang. Lebih mudah dari pada melepaskan colokannya secara konvesional.