Welcome To My Site

Terima kasih anda masih setia mengunjungi blog kami ,

Just Sharing Bro N Sis

Menerima Penginstalan PC / Laptop Untuk Daerah Makassar ,, Harga Murah Dan Terjangkau Khususnya Bagi Pelajar Dan Mahasiswa Daerah Makassar Dan Sekitarnya Alamat : Jl.AbubakarLambogo No 178 Pettarani Makassar Jl.Aspol Toddopuli Blok C20 Contact person : +628524138771 (Fh14n)

Tips Dan Trik Komputer

Komputer Sangat Banyak Yang bisa Kita pelajari dan banyak hal didalam komputer yang belum ketahui, Ayo ketahui Sekarang !.

Belajar Internet

Internet Begitu luas, ayo pelajari sekarang jangan sampai kita GaptekK ,, hahaha

Ngasal Aja Bro tapi Pas Kena Di Hati ,, hahaha

Jika cinta itu Sistem Operasi, maka, tak akan kubiarkan cinta ini terkena virus yang bisa mengganggu stabilitas dan eksistensinya sebagai sistem operasi yang tangguh. kalau perlu akan kugunakan sistem operasi yang kebal virus.

Tuesday, December 23, 2014

Download Sword Art Online Season 1 Sub Indo BD

Download Sword Art Online Season 1 Sub Indo BD




Alternative Titles

English: Sword Art Online
Synonyms: S.A.O, SAO
Japanese: ソードアート・オンライン

Information

Type: TV
Episodes: 25
Status: Finished Airing
Aired: Jul 8, 2012 to Dec 23, 2012
Genres: Action, Adventure, Fantasy, Game, Romance, Shounen
Credit: Oploverz & AoSubs & Cybercropz & Naruto-4Zone & Pika Subs

Sinopsis

Sword Art Online Bercerita tentang game VRMMORPG (Virtual Reality Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) bernama Sword Art Online yang memasuki masa Open Beta. Namun ditengah permainan Kayaba Akihiko perancang sekaligus pembuat game Sword Art Online mengatakan, player tak bisa log out sebelum menyelesaikan permainan. Untuk menyelesaikan permainan mereka harus menyelesaikan dungeon 100 lantai dan mengalahkan boss di lantai terakhir. Tapi tidak semudah itu, karena mati di dalam game berarti mati di dunia nyata, yang berarti nyawa mereka tidak hanya hilang di Game, tapi juga di dunia nyata. (Reisei)

Episode 1 http://www.mediafire.com/?l2o3p5lk23jhoat
Episode 2 http://www.mediafire.com/?a6gi2knbv347abx
Episode 3 http://www.mediafire.com/?d3qjxxiw2q5bcfl
Episode 4 http://www.mediafire.com/?4em1l5oz67jsr89
Episode 5 http://www.mediafire.com/?5aj4e0vgr4r054e
Episode 6 http://www.mediafire.com/?8v6uon21nw9ab9k
Episode 7 http://www.mediafire.com/?ojjnhuudb29bz4i
Episode 8 http://www.mediafire.com/?0by1kz271fq22b5
Episode 9 http://www.mediafire.com/?v35de032yx1221r
Episode10 http://www.mediafire.com/?4al9l1jx2sa7fpv
Episode11 http://www.mediafire.com/?3hip4py9ialvldi
Episode12 http://www.mediafire.com/?b739v4ru0ze095e
Episode13 http://www.mediafire.com/?v8mqzxqub3t3s30
Episode14 http://www.mediafire.com/?cii3exqzno6zxju
Episode15 http://www.mediafire.com/?to2l1826ad1tcd6
Episode16 http://www.mediafire.com/?2412g46ex1a0hbu
Episode17 http://www.mediafire.com/?buerwfr8o38wxs8
Episode18 http://www.mediafire.com/?pih1j311hlbhzaq
Episode19 http://www.mediafire.com/?me3p040xbjry3v8
Episode20 http://www.mediafire.com/?6yg5ffdo0gt6150
Episode21 http://www.mediafire.com/?jhuni28j55mocs4
Episode22 http://www.mediafire.com/?lbd284s4e1zddgt
Episode23 http://www.mediafire.com/?bkutaq3rqtt8db9
Episode24 http://www.mediafire.com/?8qwxur44lkz5ut7
Episode25 End http://www.mediafire.com/?yilxoiu3w9w6aj5

Cara Men Download Nya Tinggal Copy Link Nya Dari http
Mohon Maaf Bila Ada Kesalahan Link Nya
Arigatou Gozaimasta

Sumber http://www.kurogaze.net/2014/03/sword-art-online-sao-episode-1-25.html

Algoritma & Pemrograman 1 (Cara Menjalankan Turbo Pascal di Windows 7 32bit)

Cara Menjalankan Turbo Pascal di Windows 7 32bit

Cara Menjalankan Turbo Pascal di Windows 7 32x. Kali ini saya membagi lagi pengetahuan saya yaitu bagaimana cara menjalanka turbo pascal di windows 7. Untuk menjalankan turbo pascal yang harus kita lakukan adalah....
  1. Download dulu softwarenya (aplikasi) di sini 
  2. Setelah di download extract file ke dictory pc anda sesuai keinginan misalnya: D:\Turbo Pascal 7.0
  3. Sebelum menjalankan TP 7.0 diperlukan DosBox untuk membukanya
  4.  Jika anda menyimpan file Turbo Pascal 7.0 di dictory D:\ maka ketikkan Perintah seperti gambar di bawah ini
  5. setelah mengetikkan D:\TP7\BIN>TPX tekan enter pada keyboard.
  6. Setelah itu muncullah tampilan turbo pascal 7.0 yang siap dipakai

Semoga Artikel Ini bermanfaat buat Anda ,,,   Salam Suksesssss :)

Wednesday, December 17, 2014

Algortima & Pemrograman 1 ( menghitung Panjang sisi miring pada segitiga menggunakan pascal )

menghitung Panjang sisi miring pada segitiga menggunakan pascal

Bnyak hal yang bisa dibuat oleh program pascal, salah satunya adalah  program penghitung panjang sisi Miring pada segitiga . pada program ini  bisa digunakan untuk menghitung sisi miring apabila kita masukkan alas dan tinggi segitiga , karena pada segitiga menggunakan rumus phytagoras yaitu sisi kuadrat = panjang alas kuadrat x tinggi segitiga kuadrat
ini dia sricpt penghitung panjang sisi miring pada segitiga siku-siku menggunakan rumus phytagoras

Program phitagoras;
uses wincrt;
var alas,tinggi,miring : real ;

Begin
clrscr;
writeln('----aplikasi menghitung sisi miring pada segitiga siku-siku----');
writeln('---------------tekan enter dan masukkan nilai------------------');
readln;
write('Panjang alas =');
readln(alas); 
write('tinggi segitiga =');
readln(tinggi);
miring:=sqrt((alas*alas)+(tinggi*tinggi));
writeln('panjang sisi miring =',miring:2:2);
readkey;
writeln(' ');
write('jadi panjang sisi miring segitiga dengan alas',' ',alas:2:2,' ','dan tinggi',' ',tinggi:2:2,' ','adalah =',miring:2:2);
end.


dan output nya akan terlihat jika kita masukkan angka 3 pada panjang alas dan 4 pada tinggi segitiga

----aplikasi menghitung sisi miring pada segitiga siku-siku----
---------------tekan enter dan masukkan nilai------------------

Panjang alas = 3
tinggi segitiga = 4
panjang sisi miring =5,00

Jadi panjang sisi miring segitiga dengan alas 3,00 dan tinggi 4,00 adalah =5,00




Pascal program pitagoras menghitung sisi miring segitiga

screbshott script pascal

Pascal program pitagoras menghitung sisi miring segitiga



screenshot ketika program dijalankan

itulah Program Penghitung Panjang sisi Miring pada segitiga siku-siku menggunakan Pascal
semoga artikel ini bisa bermanfaat. terimakasih :)
\
 
Nama : Alfian
Nim   : 20142205090

Algoritma & Pemrograman 1 ( Fungsi Case of dan contoh Program Pada Pascal )

Fungsi Case of dan contoh Program Pada Pascal

Dalam fungsi yang berkaitan dengan logika adalah fungsi if, selain fungsi isi terdapat fungsi case of yaitu suatu ungkapan logika yang disebut selector dan sejumlah statemen yang diawali dengan suatu label permasalahan (case label) yang mempunyai tipe sama dengan selector.
Statement yang mempunyai case label yang bernmilai sama dengan case label yang bernilai sama dengan nilai selector akan diproses sedang statemen yang lainnya tidak.
Bentuk struktur case of :

Case Variabel Kondisi Of
  case-labe 1 : Statement 1;
  case-label 2: tatement 2;
  case-label 3: Statement 3;
  case-label 4: Statement 4;
  .....
  ...
  Case-label : Statement n ;
end;   {end dari case}


Daftar case label dapat berupa konstanta, range dari konstanta yang bukan bertipe real.

Contoh Program;

program nilaihuruf;
uses crt;
var  nilai : char;
begin
clrscr;
write ('Masukkan Nilai Huruf : ');
readln(nilai);
case nilai of
'A': Writeln('sangan Baik');
'B': Writeln('Baik');
'C': Writeln('Kurang);
'D': Writeln('Sangat kurang');
'E': Writeln('Buruk Sekali');
end;
Readln;
end.



----------------,------------------------------------------------------
Program Fotokopi ,
Program ini untuk memenuhi tugas Algoritma dan pemrograman,
cara kerja program fotokopi ini yaitu kita harus menginput kode kertas, yaitu H untuk HVS, Q untuk Quarto, dan P untuk polio,
setelah kita masukkan kode kertas dan kita tekan enter maka akan keluar lah jenis kertas dan juga harganya perlembar, kemudian masukkan jumlah yang difotokopi , setelah diinput maka tekan entek maka keluarlah jumlah yang harus dibayar.

kode : ____________________________________________________


Program Fotokopi
uses crt;
var
    kode : char;
    kertas : string;
    harga,jumlah,bayar : integer;
begin
clrscr;
writeln ('program fotokopi');
Write ('Masukkan Kode Kertas : ');
readln(kode);
case kode of
'H':begin
 kertas:='HVS';
 harga:=125;
 end;
'Q':begin
 kertas:='Quarto';
 harga:=150;
 end;
'P':begin
 kertas:='Polio';
 harga:=175;
 end;
else
kertas:='Tidak ada'
end;
Writeln('Menggunakan kertas : ',kertas);
Writeln('Harga perlembar : ',harga);
Write('Jumlah Yang difotokopi : ');
readln(jumlah);
bayar:=jumlah*harga;
Writeln('Yang Harus dibayar : ',bayar);
readkey;
end.


 ___________________________________________________


screenshot program

 

































































































Koding

Ketika dijalankan


Ketika di input



ya itu lah program fotokopi menggunakan pascal dengan fungsi case of, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat bagi kita semua.. aminn

Nama : Alfian
Nim   : 20142205090

Tuesday, December 16, 2014

Algoritma & Pemrograman 1 (Contoh Program Komputer Pengambilan Keputusan dengan fungsi IF)

Contoh Program Komputer Pengambilan Keputusan dengan fungsi IF

Untuk dapat mengerti  contoh program komputer berikut, maka diharapkan anda telah mempelajari teori proses pengambilan keputusan.

Contoh Program Komputer adalah sebagai berikut :

1.    Contoh IF  dengan Satu Pilihan

Contoh-1

Buatlah program dengan nilai 2 buah nilai awal x = 0 dan y = 100. Data masukan 1 buah data yaitu n. Jika n>x, maka  x = n. Jika n
Algoritma:

•    Mulai
•    Deklarasikan variabel dan konstanta
•    Masukkan data n
•    Jika n>x,  kerjakan  x = n
•    Jika n•    Cetak  x dan y
•    Selesai

Flowchart

Kode Program

  Program Contoh1;

  Uses crt;
  Var  x,y,n : real;

  Begin
      x:= 0; y:=100;
      clrscr;
      write('Masukkan bilangan n = ');
      readln(n);
      writeln;

      if n>x then x:=n;
      if y
     writeln(' Nilai  x = ',x:6:2);
     writeln(' Nilai  y = ',y:6:2);

     readln;
  End.

Penjelasan :


Proses pengambilan keputusan dilakukan denan membandingkan n dengan x dan n dengan y. Jika n>x, maka simpan nilai n ke variabel x, kemudian lanjutkan untuk membandingkan y dengan n. Jika tidak (nn) maka langsung lanjutkan ke langkah selanjutkan. Pada baris terakhir terdapat perintah readln; fungsinya adalah untuk menghentikan tampilan hasil program di layar. Dengan menekan salah satu tombol keyboard, maka proses akan dilanjutkan.

Hasil Program


2.   Contoh IF dengan 2 Pilihan

Contoh-2

Buatlah program komputer dengan sebuah data masukan n. Jika data masukan n lebih lebih besar dari 0, maka tampilkan pesan “ Anda memasukkan bilangan positip’. Sebaliknya, jika n lebih kecil dari 0, maka tampilkan pesan “Anda memasukkan bilangan negatip”.

Algoritma:

•    Mulai
•    Deklarasikan variabel  n
•    Masukkan data n
•    Cek data n, apakah n>=0
•    Jika Ya, Tampilkan pesan “Anda memasukkan bilangan positip”
•    Jika Tidak, tampilkan pesan “Anda memasukkan bilangan negatip”
•    Print Hasil.
•    Selesai.

Flowchart


Kode Contoh Program Komputer

  Program Contoh2;

  Uses crt;

  Var  n : integer;

  Begin
      clrscr;
      write('Masukkan bilangan n = ');
      readln(n);writeln;

      if n>=0 then
              writeln('Anda memasukkan bilangan positip') {titik koma tidak boleh}
      else
              writeln('Anda memasukkan bilangan negatip');

      readln;
  End.

Penjelasan :

Proses pengambilan keputusan hanya dilakukan satu kali dengan cara melakukan pengujian apakah n>=0. Jika hasilnya benar, maka kerjakan pernyataan di setelah  IF – then, jika tidak maka kerjakan pernyataan setelah kata kunci else.

Baris pernyataan sebelum kata kunci else tidak boleh menggunakan titik koma, karena titik koma berarti mengakhiri bari pernyataan akibatnya  else tidak dapat mengenali baris pernyataan sebelumnya untuk dibandingkan dengan baris pernyataan di bawahnya.

Hasil Program

Contoh-3

Buatlah program  dengan masukan 2 buah data yaitu x dan y. Jika x >  y, hitung  z = x + y. Jika  y>x, hitung z = y – x.

Algoritma :

•    Mulai
•    Deklarasikan variabel x,y,dan z
•    Masukkan data x dan y.
•    Cek apakah  x>y
•    Jika Ya, hitung z = x + y
•    Jika Tidak, hitung z = y – x.
•    Cetak hasil
•    Selesai

Flowchart


Kode Program

  Program Contoh3;

  Uses crt;

  Var  x,y,z : integer;

  Begin
      clrscr;
      write('Masukkan bilangan x = ');
      readln(x);
      write('Masukkan bilangan y = ');
      readln(y);
      writeln;

      if x>y then
             z:= x + y
      else
            z:= y - x;

         writeln(' Nilai  z = ',z);

      readln;
  End.

Penjelasan :

Pengambilan keputusan dilakukan dengan menguji apakah x>y. Jika Ya, maka kerjakan pernyataan di bahwanya yaitu  z:= x + y. Jika Tidak maka kerjakan pernyataan setelah else yaitu z := y – x.

Hasil  Program


3.  Contoh  IF  dengan 3 Pilihan atau Lebih

Sebuah Toko menyediakan Hadiah bagi pembeli dengan syarat Total Belanja sebagai berikut :
Total Belanja/TB (Rp.)                                           Hadiah
     50.000 < TB <=  150.000                                    Pepsodent 60 gr
     150.000 < TB <=  250.000                                  Rinso 500 gr
     250.000 < TB <=  350.000                                  Rinso 700 gr
     350.000 < TB <=  450.000                                  Rinso 1000 gr
     TB  > 450.000                                                      Rinso 2500 gr

Buatlah program untuk menentukan hadiah tiap pembeli. Data masukan adalah Total Belanja.     Jika nilai TB tidak memenuhi syarat, tampilkan pesan “Anda belum beruntung”

Algoritma :

•    Mulai
•    Deklarasikan variabel
•    Masukkan data Total Belanja (TB).
•    Cek TB sbb :
•    Jika  50.000 < TB <=  150.000, tampilkan informasi Hadiah    “Pepsodent 60 gr”
•    Jika  150.000 < TB <=  250.000, tampilkan informasi Hadiah  “Rinso 500 gr”
•    Jika  250.000 < TB <=  350.000, tampilkan informasi Hadiah  “Rinso 700 gr”
•    Jika  350.000 < TB <=  450.000, tampilkan informasi Hadiah “Rinso 1000 gr”
•    Jika TB> 450.000, tampilkan informasi hadiah “Rinso 2500 gr”
•    Jika tidak memenuhi syarat, tampilkan pesan “Anda belum beruntung”
•    Selesai

Flowchart


Kode Program:

Contoh Program Komputer

Uses crt;
var TB: longint;

Begin
   clrscr;writeln;
   write('Input Total Belanja = ');
   readln(tb);writeln;writeln;
   if (50000 <=tb) and (tb<=150000) then
              writeln('Selamat!. Anda mendapatkan Hadiah : Pepsodent 60 gr')
   else  if (150000                writeln('Selamat!. Anda mendapatkan Hadiah : Rinso 500 gr')
   else  if (250000                writeln('Selamat!. Anda mendapatkan Hadiah : Rinso 700 gr')
   else  if (350000                writeln('Selamat!. Anda mendapatkan Hadiah : Rinso 1000 gr')
   else  if (tb > 450000) then
               writeln('Selamat!. Anda mendapatkan Hadiah : Rinso 2500 gr')
   else
               writeln('Anda belum beruntung !!!');
  readln; {untuk menghentikan tampilan hasil program}
End.

Penjelasan :
  • Tipe variabel TB bukan int tetapi longint karena data masukan adalah data integer yang besar. Lihat tipe data integer pada pembahasan sebelumnya.
  • Proses pengambilan keputusan dilakukan dengan melakukan pengujian sebanyak 5 kali dengan 6 pernyataan.  Tiap pengujian dalam fungsi  if menggunakan operator logika AND karena kedua syarat harus benar untuk menghasilkan nilai Benar. Misalnya  Hadiah Pepsodent diberikan dengan syarat Total belanja antara 50.000 hingga 150.000. Bentuk matematikanya adalah   50.000 < TB <=  150.000 dibuat menjadi  kode program  dengan menggunakan operator AND dengan bentuk  (50000 <=TB) AND (TB<=150000).

Hasil Program


Dengan Contoh Program Komputer Pengambilan Keputusan dengan fungsi IF, anda dapat menambah ilmu komputer anda. Selamat belajar.

Berikan komenter dan saran jika anda punya pertanyaan.

Semoga bermanfaat

Algoritma & Pemrograman 1 (Contoh Pemrograman Dasar Komputer Dengan Pascal)

Contoh Pemrograman Dasar Komputer Dengan Pascal

Pada bagian Pemrograman dasar pascal, kita akan membahas Contoh Program Komputer tentang perhitungan matematika dasar.  Dalam perhitungan matematika, kita menggunakan operator aritmatika sebagai berikut :

Penjelasan :

Operator tanda kurung adalah priorotas pertama, artinya bagian yang berada dalam tanda kurang akan dikerjalan pertama kali, kemudian diikuti oleh operator dengan prioritas kedua yaitu kali dan bagi (*dan /), kemudan tambah dan kurang . Dalam  perhitungan matematika, tanda sama dengan menggunakan tanda  := (titik dua sama dengan) untuk menyatakan nilai.

 Operator Div digunakan untuk membagi 2 bilangan  bulat (integer) kemudian mengambil  hasil bagi dan sisanya dibuang. Sedangkan operator Mod digunakan untuk membagi 2 bilangan bulat (integer) kemudian mengambil sisanya dan hasil baginya dibuang. 

Misalnya : 7 dibagi 2. Hasil baginya 3 dan sisanya 1.
X:= 7 div 2, hasilnya 3
X:= 7 mod 2, hasilnya 1

Tipe Data

1.  Integer    : untuk menyatakan bilangan bulat. Misalnya : 1, 2, 3, dst. Tipe Integer terdiri dari dari 5 macam  yaitu :
2.  Real        : untuk menyatakan bilangan desimal. Misalnya : 1.45, 5.76, dst. Pemisah tanda desimal menggunakan  titik bukan  koma. Tipe real dibagi menjadi 4 macam yaitu   :

 
Format Output Tipe Real

Output dari variabel bertipe real berupa bilangan desimal dengan 10 angka di belakang koma dan E+0n, dimana n =1,2,3, dst. Misalnya 1.6000000000E+02, artinya sama dengan 1.6 x 10 pangkat 2.
Untuk menampilkan output yang rapi, maka perlu diformat dengan bentuk sbb:

V:N:D dimana V adalan nama variabel, N adalah jumlah digit, dan D adalah jumlah desimal.

Contoh : X:6:2

artinya nilai variabel x terdiri dari 6 digit dan 2 angka dibelakang koma. Misalnya  094.32 tetapi 0 tidak dicetak sehingga tampilan output adalah 94.32.

3.  Char        : untuk menyatakan huruf, karakter dan tanda baca

Tipe data tunggal yang berhubungan dengan tombol-tombol di keyboard. Char adalah semua tombol yang terdapat pada keyboard atau lebih lengkapnya semua karakter yang terdapat pada kode ASCII.
Apabila data Char ingin dijadikan sebagai konstanta maka karakter yang harus diapit dengan tanda kutip satu.   Misalnya  :Huruf := ’A’

4.  String   : untuk menyatakan kata atau kalimat

String (adalah kumpulan type data yang berbentuk karakter). Tipe data string digunakan untuk menampung nilai dalam bentuk huruf, dimana batas maximal adalah sebanyak 255 karakter. Apabila data string ingin dijadikan sebagai konstanta maka data string yang harus diapit oleh tanda kutip satu.   Misalnya  : data:= ’Program Komputer’

5. Boolean    : untuk menyatakan benar(true) atau salah (false)

Mempunyai nilai benar / salah. Operator yang penghubung untuk tipe boolean adalah : =, > , <, <=, =>, <>;. Boolean akan menghasilkan false jika nilai = 0 dan akan menghasilkan true jika nilai = 1. Tipe boolean biasanya digunakan dalam operasi kondisional pada saat pengambilan keputusan Ya atau Tidak dengan menggunakan fungsi IF – Then – else.

Variabel 

Dalam perhitungan matematika, variabel adalah komponen yang sangat penting untuk digunakan. Karena itu, setiap masalah harus dianalisa dengan baik agar dapat menentukan jenis variabel dan tipe data yang akan digunakan. Variabel yang akan digunakan harus dideklarasikan lebih dahulu pada bagian deklarasi variabel.

Contoh Deklarasi Variabel :

Var       
a,b      : integer;
X,y,z     : real;
Huruf     : char;
Kata     : string[25]; artinya panjang kata atau kalimat maksimum 25 karakter. Jika tidak disebutkan maka panjangnya 255 karakter.

 Contoh Program  Komputer Untuk Perhitungan Matematika Sederhana

Contoh-1

Buatlah program dengan persaman  matematika :   Y = 2x + (8x – 25)

Jawab :

Dari persamaan di atas terdiri dari 2 buah variabel yaitu x dan y. Variabel  x adalah variabel  input dan y adalah variabel output. Tipe variabel boleh  integer atau real. Seperti pada pembahasan sebelumnya bahwa Langkah pertama adalah membuat algoritma, kemudian flowchart, dan membuat kode program.

Algoritma :
  •     Mulai
  •     Deklarasikan variabel
  •     Tentukan nilai x
  •     Hitung nilai Y
  •     Cetak x dan y.
  •     Selesai

Flow Chart


Kode Contoh Program Komputer

Program Contoh1;
uses crt;

var x,y : integer;

Begin
     clrscr;
     write('Input Nilai x = ');
     readln(x);
     y:= 2*x + (8*x -25);
     writeln;
     writeln(' Y = ',y);
     readln;
End.

Output Program:

Contoh 2

Buatlah program untuk mencari nilai a dari persamaan  a = (b + 3c)b – bcd

Jawab :

Persamaan di atas terdiri dari 4 buah variabel yaitu a,b,c,dan d. Gunakan tipe data integer jika input datanya berupa bilangan bulat saja. Jika ada input data berupa bilangan desimal, maka harus menggunakan tipe data real.

Algoritma :
  •     Mulai
  •     Deklarasikan variabel
  •     Input nilai b,c,d
  •     Hitung nilai a
  •     Cetak nilai a,b,c,d.
  •     Selesai
Flowchart

Kode Contoh Program Komputer

Program Contoh2;
uses crt;

var a,b,c,d : real;

Begin
     clrscr;
     write('Input Nilai b = ');readln(b);
     write('Input Nilai c = ');readln(c);
     write('Input Nilai d = ');readln(d);
     a:= (b + 3*c)*b - b*c*d;
     writeln;clrscr;
     writeln(' b = ',b:6:2,'   c = ',c:6:2,'  d = ',d:6:2);
     writeln;
     writeln(' Hasil Perhitungan, a = ',a:6:2);
     readln;
End.

Ouput Program


Contoh-3

Buatlah program untuk menghitung persamaan    y= □(√(a^2+b^2 )/4b)

Jawab :

Persamaan di atas terdiri dari 3 buah variabel yaitu y, a, dan b. Variabel y harus bertipe real karena y akan menyimpan hasil pembagian bilangan, dimana hasil pembagian akan berbentuk bilangan desimal. Sedangkan variabel a dan b, bisa bertipe real atau integer. Artinya jika integer, maka a dan b hanya dapat menerima bilangan bulat saja.

Algoritma :

  • Mulai
  • Deklarasikan variabel
  • Input nilai a dan b
  • Hitung nilai  x= √(a^2+b^2 )
  • Hitung nilai  y=x/4b
  • Cetak Nilai  y
  • Selesai
Flowchart


Dalam program Pascal terdapat fungsi :
Sqrt (x)  :  digunakan untuk menghitung nilai akar pangkat dua dari x
Sqr(x)    :  digunakan untuk menghitung nilai pangkat dua dari x

Kedua fungsi tersebut akan kita gunakan dalam program untuk menyelesaikan persamaan.

Kode Contoh Program Komputer

Program Contoh3;
uses crt;

var y,x,a,b : real;

Begin
     clrscr;
     write('Input Nilai a = ');readln(a);
     write('Input Nilai b = ');readln(b);

     x := sqrt(sqr(a) + sqr(b));
     y := x/(4*b);

     writeln;writeln;
     writeln(' a = ',a:6:2,'   b = ',b:6:2);
     writeln;
     writeln(' Y = ',y:6:2);
     readln;
End.

Hasil  Program:

Contoh Program Komputer-4

Buatlah program untuk membagi 2 bilangan bulat dengan operator Div dan Mod.

Jawab :

Div dan Mod hanya dapat membagi bilangan bulat, sehingga variabel yang digunakan harus bertipe integer.

Algoritma :
  • Mulai
  • Deklarasikan variabel  x,y,n,m
  • Input 2 bilangan bulat
  • Hitung  n = x mod y dan m = x div y
  • Cetak hasilnya
  • Selesai

Flowchart : sama dengan contoh di atas.

Kode Contoh Program Komputer


Program Contoh4;
uses crt;

var y,x,n,m : integer;

Begin
     clrscr;
     write('Input Nilai x = ');readln(x);
     write('Input Nilai y = ');readln(y);

     n:= x mod y;
     m := x div y;

     writeln;writeln;
     writeln(' x = ',x,'   y = ',y);
     writeln;
     writeln(' x mod y = ',n);
     writeln(' x div y = ',m);
     readln;
End.

Hasil Program:

Contoh Program Komputer-5:

Buatlah program untuk menampilkan huruf, kata atau kalimat.

Jawab :

Untuk menampilkan huruf, maka tipe variabelnya adalah char sedangkan kata atau kalimat tipe variabelnya adalah string.

Algoritma :
    Mulai
    Deklarasikan Variabel
    Inpit huruf dan kata/kalimat
    Tampilkan/cetak hasilnya
    Selesai

Kode Contoh Program Komputer


Program Contoh5;
uses crt;

var huruf : char;
    kata  : string;

Begin
     clrscr;
     write('Input Huruf        = ');readln(huruf);
     write('Input Kata/Kalimat = ');readln(kata);

     writeln;writeln;
     writeln(' Data Char   = ',huruf);
     writeln(' Data String = ',kata);
     readln;
End.

Hasil Program

Algoritma & Pemrograman 1 (Tutorial Menjalankan Turbo Pascal di Windows XP, Vista, dan 7 64-bit)

Tutorial Cara Menjalankan Turbo Pascal di Windows XP, Vista, dan 7 64-bit


Pernahkah kalian mendengar tentang Turbo Pascal?  Apa itu Turbo Pascal? Dan apa pula fungsinya? Turbo Pascal adalah salah satu bahasa pemrograman Pascal paling popular di dunia hingga saat ini. Perangkat lunak ini mulai dibuat oleh Borland International, Inc. pada tahun 1983 sebagai pengembangan dari perangkat-perangkat lunak sejenis lainnya yang sudah ada pada waktu itu. Dengan cara penggunaannya yang cukup mudah dan sederhana serta dapat digunakan secara cuma-cuma alias gratis (freeware). Program Turbo Pascal menjadi pilihan terbaik bagi pelajar dan mahasiswa untuk mengenal konsep dasar bahasa pemrograman tingkat tinggi. Program Turbo Pascal banyak digunakan sebagai mata pelajaran Dasar Pemrograman Komputer karena mudah dipelajari dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain, mis bahasa C++ dan Java.

Meskipun Demikian, hingga versi terakhirnya yaitu versi 7.1 yang dirilis pada tahun 1997, bahasa pemrograman ini hanya dapat berjalan di Windows 32-bit (x86), baik itu Windows XP, Vista, maupun 7. Lalu bagaimana cara menyetting Turbo Pascal agar dapat berjalan di Windows 64-bit (x64)?

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan*1):

1. Persiapkan terlebih dahulu perangkat lunak bernama DOSBox. Perangkat lunak inilah yang akan kita fungsikan sebagai media perantara dalam menjalankan Turbo Pascal di Windows 64-bit. Jika belum memiliki, kalian dapat men-download versi terbarunya DI SINI.

2. Persiapkan pula perangkat lunak Turbo Pascal-nya. Jika belum memiliki, kalian dapat men-download versi terbarunya DI SINI. Password Mediafire: princinata

3. Setelah kedua perangkat lunak selesai dipersiapkan, lakukan instalasi untuk DOSBox-nya dan ekstraksi untuk Turbo Pascal-nya (klik kanan pada file >> pilih Extract Here). Untuk lebih mempermudah dalam melakukan penyetingan, kalian dapat meletakkan file-file ekstraksi Turbo Pascal-nya di partisi C (C:\). Sekarang kita dapat memulai proses pengonfigurasian keduanya.

4. Jalankan perangkat lunak DOSBox-nya. Setelah terbuka, ketikkan sintaks berikut pada jendela yang muncul:
MOUNT C C:\TP      
..(tunggu sampai proses mounting telah berhasil)..
C:                               
BIN\TPX.exe            
Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut:


5.    Jika berhasil, maka secara otomatis tampilan awal pada perangkat lunak Turbo Pascal akan segera terbuka. Seperti pada gambar berikut ini:


6.    Klik OK atau tekan ENTER untuk memulai mengetikkan sintaks.

SELAMAT!! Sekarang kalian dapat menggunakan perangkat lunak Turbo Pascal di Windows 64-bit kalian.

NB :
+ Lakukan hal yang sama setiap kali kalian ingin menggunakannya kembali.      
+ Ketika ingin menjalankan program, sebaiknya kalian menggunakan pointer untuk menuju perintah RUN, bukan dengan Ctrl+F9. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kesalahan pada saat menjalankan program.

*1) : Untuk memperoleh hasil yang diharapkan, saya merekomendasikan kalian untuk men-download perangkat lunak yang dibutuhkan di BLOG INI.

Nah, itulah tutorial menjalankan Turbo Pascal di Windows 64-bit (x64) dari saya. Semoga dapat bermanfaat untuk kalian..

Selamat mencoba.

Saturday, December 13, 2014

Cara setting ClearOs Squid External Proxy Mikrotik

Cara setting ClearOs Squid External Proxy Mikrotik



Transparent Proxy adalah Proxy yang tidak terlihat oleh Client. Dengan menggunakan Transparent Proxy client dipaksa untuk memakai Proxy tanpa melakukan setting-an di browser. Squid adalah salah satu jenis Proxy yang paling umum dipakai.
  • Ip address Mikroik:
    • Ether0 =192.168.1.2------------------Ke internet
    • Ether1 =192.168.2.1------------------Ke Client
    • Ether2 =192.168.3.1------------------Ke Squid External ClearOs
  • Ip Address ClearOs:
    eth0 =192.168.3.2------------------ip ClearOs
  • Set Mikrotik Untuk interface Mikrotik:
/interface set 0 name=internet
/interface set 1 name=client
/interface set 2 name=squid
  • Untuk ip address Mikrotik:
/ip address add address=192.168.1.2 netmask=255.255.255.0 \
interface=internet
/ip address add address=192.168.2.1 netmask=255.255.255.0 \
interface=client
/ip address add address=192.168.3.1 netmask=255.255.255.0 interface=squid
  • Untuk Gateway Mikrotik:
/ip route add gateway=192.168.1.1
  • Untuk DNS Mikrotik:
/ip dns set primary-dns=203.130.193.74,203.130.206.250 allow-remote-requests=yes
  • Untuk Nat Mikrotik:
/ip firewall nat add chain=srcnat out-interface=internet \
action=masquerade
/ip firewall nat add chain=dstnat \
src-address=!192.168.3.0/24 protocol=tcp dst-port=80 action=dst-nat \
to-addresses=192.168.3.2 to-ports=3128 comment="" disabled=no
  • Set ClearOs
  • Install ClearOS Server Standalone Mode – No Firewall
  • edit file /etc/firewall, cari dan ganti parameter berikut
SQUID_TRANSPARENT="off"
ubah menjadi :
SQUID_TRANSPARENT="on"
#service squid restart
  • edit file /etc/resolv.conf, tambahkan nameserver (DNS) ISP anda
cat resolv.conf
nameserver 203.130.193.74
  • pastikan gateway proxy sudah ke IP PROXY Mikrotik,lihat file ifcfg-eth0 ada di direktory /etc/sysconfig/network-scripts
cat
ifcfg-eth0
DEVICE=eth0
TYPE="Ethernet"
ONBOOT="yes"
USERCTL="no"
BOOTPROTO="static"
IPADDR="192.168.3.2"
NETMASK="255.255.255.0"
HWADDR="00:80:da:24:6c:73"
GATEWAY="192.168.3.1"
  • Jalankan Webproxy di ClearOS, yang ada pada menu Gateway>Web Proxy Klik Start dan buat Automatic
Selamat Mencoba---

Wednesday, December 10, 2014

Algoritma & Pemrograman 1 (Menghitung Luas dan keliling persegi PANJANG (turbo pascal))

Menghitung Luas dan keliling persegi PANJANG (turbo pascal)

           Selamat datang di blog fhian.chuekzt, untuk postingan kali ini saya akan membahas mengenai cara mencari Luas dan Keliling dari bangun datar Persegi Panjang. Tapi sebelum membahas ke sintak ada baiknya kita mengetahui rumus matematika nya, Rumus Luas:
image
L : Luas Persegi Panjang
p : Panjang
l = Lebar
Sedangkan untuk Kelilingnya:
image
K : Keliling Persegi Panjang
Dan untuk sintak pascalnya, bisa kita lihat di bawah ini:
uses wincrt;
var
p,lb:integer;
l,k : real;
begin
writeln ('========================');
writeln ('   Menghitung Luas dan');
writeln ('Keliling Persegi Panjang ');
writeln ('========================');
writeln (' ');
write ('Masukan Panjang : ');readln (p);
write ('Masukan Lebar   : ');readln (lb);
l := p*lb;
k := 2*(p+lb);
writeln ('Jadi Luasnya adalah    ', l:1:1 , ' satuan luas');
writeln ('dan kelilingnya adalah ', k:1:1 , ' satuan keliling');
readln;
end.
Bila program ini dijalankan maka akan tampak seperti pada gambar berikut ini:
image
Bagi yang mau mendownload Source Code programnya bisa di download di link:
download%255B3%255D%255B3%255D
Semoga Bermanfaat..

Tuesday, December 9, 2014

Prediksi Soal SBMPTN 2014 IPA beserta Pembahasan

Prediksi Soal SBMPTN 2014 IPA beserta Pembahasan. Untuk anda yang bersiap menghadapi SBMPTN 2014, alangkah baiknya jika anda mempersiapkan diri guna menghadapi tes tertulis yang akan dijadikan syarat utama untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri faforit. Adapun nantinya di dalam perguruan tinggi, beberapa prodi yang tersedia dimasukkan dalam 3 golongan yakni SAINTEK (IPA), SOSHUM (IPS), dan gabungan (IPC).

Nah, dalam menghadapi tes SBMPTN 2014 khususnya untuk jurusan IPA (SAINTEK) nantinya akan terdapat beberapa bagian soal yang ada. Adapun soal-soal yang tertuang dalam tes masuk perguruan tinggi untuk jurusan IPA ini adalah Tes Potensi Akademik (TPA), Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika IPA, Fisika, Biologi dan Kimia. Dengan banyaknya materi ini, maka belajar Prediksi Soal SBMPTN 2014 Jurusan IPA adalah sebuah keuntungan sebelum nantinya benar-benar berperang. Dan untuk mematangkan diri sebelum menghadapi tes tertulis pada SBMTPN 2014 mendatang, alangkah baiknya jika anda mencoba dulu Prediksi Soal SBMPTN 2014 IPA beserta Pembahasan dibawah ini


Prediksi Soal SBMPTN 2014 IPA beserta Pembahasan
Download Prediksi Soal Bahasa Indonesia SBMPTN 2014 IPA
Download Prediksi Soal Bahasa Inggris SBMPTN 2014 IPA
Download Prediksi Soal Biologi SBMPTN 2014 IPA
Download Prediksi Soal Kimia SBMPTN 2014 IPA
Untuk yang tidak bisa download dan ingin membutuhkan Prediksi Soal dan Pembahasan Selengkapnya silakan klik disini - Terima kasih atas kunjungannya :)

Pembahasan Soal UN Matematika Program IPA SMA 2014

Pembahasan Soal UN Matematika Program IPA SMA 2014



Mengingat banyaknya permintaan untuk mengunggah pembahasan soal UN Matematika Program IPA SMA 2014 menggunakan metode TRIK SUPERKILAT dan LOGIKA PRAKTIS, maka kali ini kami akan menyajikan pembahasan cara cepat penyelesaian soal UNAS Matematika Program IPA SMA yang mudah dipahami dan dipelajari dalam rangka menyongsong UN 2015 yang akan segera datang.


Akun Username dan Password Speedy Instan dan Wifi ID

Username dan Password Speedy Wifi ID
Akun Username dan Password Speedy Instan dan Wifi ID, Zaman sekarang sudah serba canggih dalam berbagai hal termasuk urusan koneksi internet. Dulu kita hanya bisa menikmati akses internet jika sewa warnet dan mempunyai modem,namun sekarang sudah banyak tersedia Wifi di area publik.
@wifi.id atau Indonesia Wifi adalah salah satu wifi yang sudah tersebar di berbagai area publik di seluruh Indonesia. Namun akhir-akhir ini untuk menggunakan akses Wifi ID memerlukan Username dan Password.

http://adf.ly/wHwDe

Username dan Password Speedy Wifi ID Terbaru

@wifi.id dan Indischool@wifi.id 
username : 98216770633449
password  : nqh
username : 9853705285680
password:  w4k
username : 9853705285682
password : 84y
username : 98216770633450
password  : z6w
username : 9853705285680
password : 8fy
username : 98216770633452
password  : zsf
username : 9853705285680
password : 84y
username : 98216770633453
password  : jsp
username : 98216770633454
password  : 67x
username : 9853705285680
password : 84y
username : 98216770633455
password  : tx6
username : 98216770633458
password  : 6wa
username : 9853705285680
password : p6m
username : 9853705285680
password : pf8
username : 98216770633456
password  : efw
username : 9853705285680
password : qwq
username : 9853705285680
password : w4k
username : 98216770633457
password  : bmq
username : 9853705285680
password : 84y
Akun Update 2014
username : 9853705285680
password : mgw
username : 98216770633447
password  : yby
username : 98216770633448
password  : hmp
Username : 89302477648
Password : 97291477694635
Username : 89302477623
Password : 78279446463817
Username : 89302024051
Password : 75506146029436
Username : 89302477624
Password : 53168786956656
Username : 89302024052
Password : 15881732328643
Username : 89302024060
Password : 22761962376817
Username : 89302024059
Password : 93613297527468
Username : 89302024056
Password : 83720141438445
Username : 89302715790
Password : 85016093499066
Username : 89302715789
Password : 35277184619199
Username : 89302715788
Password : 75644363574557
Username : 89302715787
Password : 13883358116827
Username = 89302715790
Password = 85016093499066
Username = 89302715789
Password = 35277184619199
Username = 89302715788
Password = 75644363574557
Username = 89302715787
Password = 13883358116827

Berikut ini cara menggunakan akun Wifi Id :
    1. Pertama koneksikan Pc/Laptop anda dengan Speedy Instant@wifi.id
Speedy Instant@wifi.id
    1. Setelah tampil halaman login, silahkan isi username dan password dengan akun diatas, Klik “Login
login wifi id speedy instant
    1. Jika tampil pesan “Login Successful“, berarti anda sudah berhasil menggunakan @wifi.id .
Login Successful Wifi Id
  1. Jika muncul pesan “Username dan password sudah digunakan” , Silahkan gunakan Username dan Password Speedy Wifi ID yang lainnya. Selamat Mencoba Bro/Sis >_<

Monday, December 8, 2014

Algoritma & Pemrograman 1 + Contohnya (PASCAL)

Algoritma Pemrograman dan Contohnya

Algoritma adalah langkah-langkah yang disusun secara tertulis dan berurutan untuk menyelesaikan suatu masalah.  Sedangkan Algoritma Pemrograman adalah langkah-langkah yang ditulis secara berurutan untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Dalam pemrograman yang sederhana, algoritma merupakan langkah pertama yang harus ditulis sebelum menuliskan program. Masalah yang dapat diselesaikan dengan pemrograman komputer adalah masalah-masalah yang berhubungan dengan perhitungan matematik.

Hal yang penting dikuasai dalam pemrograman adalah logika berpikir bagaimana cara memecahkan masalah pemrograman yang akan dibuat. Kadang-kadang ada masalah matematika yang sangat gampang jika diselesaikan secara tertulis, tetapi cukup sulit jika diterjemahkan ke dalam pemrograman. Jika menemukan hal seperti itu, maka algoritma dan logika pemrograman sangat penting untuk memecahkan masalah.

Sebagai gambaran, saya mengambil masalah Frekuensi data. Misalnya ada sekelompok data seperti berikut :

2    4    6    7    2    4    6    6    9    3    5    6    4

Secara tertulis, frekuensi data diperoleh dengan cara menghitung banyaknya tiap data dan menuliskan data mulai dari data yang terkecil ke terbesar dalam tabel. Kolom pertama berisi data dan kolom kedua berisi frekuensi masing-masing data.

DataFrekuensi
22
31
43
51
64
71
91

Cukup mudah bukan? Bagaimana jika cara  mencari frekuensi di atas dibuat dalam bentuk program? Cukup sulit karena kita perlu menguasai logika pemrograman. Namun kasus ini akan saya bahasa nanti, jika tidak ada halangan.

Baiklah kita mulai untuk membuat Algoritma pemrograman yang sederhana seperti contoh di bawah ini.
Contoh-1 : 

Buatlah algoritma untuk menghitung frekuensi data seperti pada contoh kasus di atas.

Algoritmanya adalah :
  • Mulai
  • Tentukan banyaknya data (n)
  • Tentukan data sebanyak N
  • Urutkan data secara Ascending (Mulai dari data kecil ke besar)
  • Hitung banyaknya data (frekuensi ) tiap data
  • Tampilkan Frekuensi data dalam bentuk tabel
  • Selesai

Contoh-2 :

Buatlah algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 2x + 6
Algoritmanya adalah :
  • Mulai
  • Tentukan nilai x
  • Hitung nilai y = 2x + 6
  • Tuliskan/cetak Nilai x dan y
  • Selesai
Contoh-3:

Buatlah algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan  y =  4x2 + 8x – 2
Algoritmanya adalah :
  • Mulai
  • Tentukan nilai x
  • Hitung nilai y = 4x2 + 8x -2
  • Cetak nilai x dan y
  • Selesai
Setelah menuliskan algoritma, maka langkah selanjutnya adalah menggambarkan algoritma tersebut dalam bentuk bagan alir yang disebut flowchart. Lihat cara membuat flowchart.

Semoga bermanfaat.

Algoritma & Pemrograman (Cara membuat Flowchart untuk dasar pemrograman komputer (PASCAL))

Cara membuat Flowchart untuk dasar pemrograman komputer

      Algoritma yang telah dibuat kemudian digambarkan dalam bentuk  bagan alir (flowchart) dengan menggunakan simbol-simbol  untuk memudahkan memecahkan masalah yang akan diselesaikan. Flowchart adalah skema penggambaran dari algoritma yang disusun dalam bentuk bagan secara berurutan.
Simbol-simbol yang digunakan untuk membuat Flowchart dalam pemrograman komputer.

Contoh-1:

Buatlah flowchart untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 2x + 6


Contoh di atas menunjukkan bagaimana  cara menterjemahkan algoritma menjadi flowchart.   

Contoh-2:

Buatlah flowchart untuk menghitung luas lingkaran dengan rumus L = πr2.

Algoritma:
  •      Mulai
  •     Tentukan nilai phi dan r
  •      Hitung L = phi x r2
  •     Cetak Hasil
  •     Selesai
Flowchart:

Setelah membuat flowchart, maka langkah selanjutnya adalah menuliskan kode-kode program berdasarkan bagan alir yang sudah dibuat. Dalam pembahasan ini, saya akan menggunakan Program Pascal. Alasannya karena Program Pascal adalah bahasa yang mudah dipelajari untuk mempelajari konsep-konsep dasar dalam ilmu pemrograman komputer dibandingkan dengan bahasa yang lain. Setelah seseorang telah menguasai konsep dasar pemrograman, maka akan mudah untuk mempelahari bahasa pemrograman yang lain. Sebelum mempelajari kode-kode program, maka kita perlu mengetahui bagaimana struktur dan aturan-aturan program Pascal yang akan kita gunakan.

Semoga bermanfaat. Tuhan memberkati anda semua. Amin